2 Cara Mudah Untuk Menghilangkan Pesaing Anda

Semua bisnis menghadapi persaingan – bisnis lain, produk atau layanan yang mengancam untuk memikat prospek dan pelanggan kami. Pelajari dua cara jitu untuk mengalahkan pesaing Anda setiap kali sehingga Anda mendapatkan pelanggan dan menang. Menghilangkan pesaing Anda adalah cara termudah untuk meningkatkan peluang kesuksesan bisnis Anda. Dan saya tidak bermaksud benar-benar menghilangkannya, dalam arti melakukan sesuatu yang “buruk” kepada mereka.

Ketika saya katakan hilangkan, maksud saya … keluarkan mereka dari pertimbangan prospek yang Anda tetapkan untuk kategori produk atau layanan Anda. Jadikan prospek Anda hanya pikirkan bisnis, produk, atau layanan Anda ketika mereka berencana melakukan pembelian. Dengan begitu Anda mendapatkan bisnis mereka, alih-alih pesaing Anda melakukan penjualan. Artinya, jika Anda menjual widget, Anda ingin prospek hanya memikirkan widget Anda ketika mereka berpikir untuk membeli widget. Ini cukup mudah dilakukan jika bisnis Anda tidak berada dalam industri yang kompetitif. Tapi anggaplah ada semua jenis bisnis yang menjual apa yang Anda jual, atau mengisi kebutuhan konsumen atau bisnis yang sama dengan yang Anda isi.

Bagaimana Anda bisa memastikan bahwa prospek Anda hanya memikirkan Anda – dan karena itu hanya BELI dari Anda – dan tidak semua perusahaan lain itu?

Jawab: Dengan sepenuhnya memahami bisnis-bisnis yang bersaing itu dan kemudian melakukan salah satu dari dua hal berikut:

(1) Menemukan posisi dalam kategori yang dapat Anda miliki.

Ini akan memisahkan Anda dari semua bisnis lain dan akan membuat Anda memiliki kualifikasi unik di mata prospek Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka. Ini biasanya membutuhkan menemukan ceruk pasar tertentu yang dapat Anda fokuskan, atau menemukan atribut atau manfaat produk atau layanan tertentu, yang bernilai bagi prospek Anda, yang tidak dapat diklaim oleh pesaing Anda atau sedang dipromosikan. Ini menempatkan Anda di kelas Anda sendiri dan hampir menghilangkan kompetisi. Tidak ada yang melakukan apa yang Anda lakukan. Atau dengan cara yang Anda lakukan.

(2) Dengan mengubah pesaing Anda menjadi “co-opitors.”

Apa itu “co-opitor?” Ini adalah pesaing yang Anda ubah menjadi mitra atau kooperator. Adakah bisnis atau individu dengan siapa Anda dapat bermitra, dengan gagasan untuk merujuk bisnis satu sama lain? Misalnya, seorang pelatih kesehatan dapat bermitra dengan klinik pengamat berat badan atau klub kesehatan atau terapis pijat. Semua praktisi ini menjual kesehatan dan kesejahteraan yang lebih baik, tetapi mereka juga dapat diposisikan sebagai layanan pelengkap.

Atau, katakanlah Anda adalah perancang situs web dan Anda memutuskan untuk fokus terutama pada bekerja dengan usaha kecil (ceruk pasar). Anda dapat membuat kemitraan dengan perancang situs web lain yang telah memutuskan untuk fokus pada perusahaan besar. Jika Anda berdua setuju untuk hanya menjalankan bisnis yang sesuai dengan ceruk yang diidentifikasi, dan untuk merujuk bisnis di luar ceruk kepada mitra, Anda berdua menang.

Anda dapat bermitra dengan bisnis lain dalam bisnis persis Anda dengan cara ini, dengan mengidentifikasi ceruk, berdasarkan area geografis yang dilayani, atau berdasarkan ukuran atau jenis klien yang dilayani. Dan Anda dapat bermitra dengan bisnis dalam kategori berbeda yang memenuhi kebutuhan pelanggan yang sama dengan menyetujui untuk bekerja sama untuk saling membantu mendapatkan pelanggan. Tidak ada bisnis di luar sana yang tidak dapat secara efektif menggunakan salah satu dari dua strategi ini untuk secara signifikan mengurangi persaingan mereka. Jadi cari tahu strategi mana yang paling cocok dengan bisnis Anda, dan jadikan itu prioritas untuk menghilangkan pesaing Anda tahun ini.