KPI, Metode yang Tepat untuk Meningkatkan Teknik SEO

KPI atau Key Performance Indicator merupakan indikator kunci yang digunakan sebagai alat pengukur suatu kinerja. Tidak hanya diperusahaan saja KPI diterapkan, tapi juga pada digital marketing, seperti SEO. Sebagai indikator digital yang efektif dalam meningkatkan SEO, tentu Anda harus menentukannya dengan tepat.

Dalam merencanakan teknik pemasaran online, tentu Anda harus menggunakan KPI yang memuat beberapa data, seperti jumlah pengunjung, jumlah followers, maupun trafik dari situs itu sendiri. Namun, dalam menentukan KPI digital, pastikan Anda sudah memahami kemana indikator tersebut akan mengarah.

KPI menjadi indikator keberhasilan SEO

Anda yang masih bingung, berikut beberapa indikator untuk menentukan KPI yang disesuaikan dengan strategi pemasaran online.

  1. Trafik

KPI pertama kali ditentukan oleh jumlah orang yang mengunjungi situs Anda. Sesuai dengan kontennya, website bisa meningkatkan berbagai jenis keuntungan, seperti awarness, edukasi, maupun produk. Meskipun Anda menggunakannya di halaman pertama atau di halaman lainnya, Anda tidak perlu pusing lagi. Namun, Anda harus memakai marketing SEO agar bisa mempengaruhi trafiknya.

Anda bisa melihat perbedaannya di Google statistiknya, apakah mengalami kenaikan atau penurunan.

  1. Leads

KPI pun juga bisa ditentukan dari berapa besarnya leads yang didapat dari SEO yang digunakan. Leads tersebut tentu akan mudah didapat kalau situs Anda memang mudah menggaet calon pelanggan yang berpotensial.

  1. Sales

Jika Anda memanfaatkan website untuk berjualan produk, tentu KPI ditentukan dari berapa banyaknya jumlah konsumen yang sudah membeli di toko Anda. Hal tersebut pastinya akan memungkinkan kalau menggunakan SEO yang tepat dan keyword yang sesuai. Anda bisa menelusurinya dengan melihatnya di Google Analytics.

Lalu, bagaimana cara menentukan KPI digital yang efektif?

  1. Memahami tujuan memakai pemasaran online

Ketika Anda sudah memahami kenapa ingin menggunakan pemasaran digital, tentu nantinya Anda akan semakin lebih mudah memilih KPI digital. Setiap pelaku usaha tentu memiliki tujuan yang berbeda-beda, seperti membangun awareness, memberikan pelajaran pada konsumen, membangun interaksi, meningkatkan loyalitas, dan sebagainya.

Misalnya saja tujuannya untuk awareness program calon pilpres, maka KPI yang bisa dipakai yaitu sosial media, iklan, maupun link-link.

Baca juga : Mengintip Pesona Keindahan Eling Bening Ambarawa

  1. Menentukan metrik yang sesuai dengan tujuan bisnis dan anggaran

Hal yang harus Anda pikirkan dalam menentukan KPI yang efektif yaitu channel digital apa saja yang ingin Anda pakai. Channel tersebut dapat berupa media sosial, situs, atau aplikasi. Dari kanal yang Anda pilih, selanjutnya Anda harus memikirkan metrik yang perlu diukur.

Tapi Anda harus ingat, kalau Anda memakai KPI digital semakin banyak, maka anggaran pun juga akan ikut membengkak.

  1. Tentukan tools yang ingin digunakan.

Kalau metriknya sudah Anda ketahui, maka selanjutnya Anda harus menentukan tools. Dari tools tersebut, Anda harus bisa fokus terhadap data-data yang ingin diincar. Dari data-data yang dihasilkan oleh tools tersebut, Anda dapat menentukan kesalahan mana yang terjadi pada bisnis online Anda.

Dari penjelasan di atas, Anda harus mulai memikirkan KPI yang terbaik untuk SEO Anda. Jangan sampai Anda salah menentukannya yang nantinya akan membuat website Anda semakin menurun pengunjungnya.